Selamat Datang

Ahlan wa Sahlan, Selamat Datang di Blog kami.

Kamis, 07 Januari 2010

Dasar Pemikiran

1. Islam menyuruh kita bersatu, bekerjasama dalam hal kebajikan dan taqwa. Berjama’ah dalam melaksanakan perintah tersebut adalah sebesar-besar amal kebajikan, tanda taqwa yang paling tinggi dan sungguh-sungguh. “Dan tolong menolonglah kamu dalam kebajikan dan taqwa dan janganlah kamu tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksaanNya”. (QS. Al-Maidah : 2).

2. Al-Qur’an juga memerintahkan kita untuk berjuang dijalanNya dengan organisasi yang rapi, bagaikan sebuah bangunan. Untuk dapat menghasilkan sebuah bangunan yang baik diperlukan unsur perencanaan yang teliti, struktur yang tepat dan pondasi yang kokoh dan material yang kuat, semen yang melekat pembagian fungsi dalam bangunan itu dan sebagainya.

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang dijalanNya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti bangunan yang kokoh”. (QS. Ash-Shaf : 4).

3. Al-Qur’an memerintahkan kita : “Hendaklah ada dari kalangan kamu ummat yang menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemunkaran dan merekalah orang-orang yang beruntung”. (QS. Ali Imran : 104).

4. Kaidah Syara’ menyatakan : “Suatu kewajiban yang tidak dapat terlaksana kecuali dengan sesuatu, maka sesuatu itu hukumnya menjadi wajib”. Sayyidina Ali pernah berkata :”Kebenaran yang tidak terorganisasi akan dikalahkan oleh kebatilan yang terorganisasi”.

Hakikat persekutuan musuh ini disebutkan oleh Allah dalam firmanNya :“Orang-orang kafir sebagiannya saling membantu sebagian yang lain. Jika kamu tidak berbuat demikian (bantu membantu menghadapi mereka) maka berlangsung fitnah dan kerusakan yang besar dimuka bumi”. (QS. Al-Anfal : 73).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar